PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR PAIKEM GEMBROT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII DI SMP KARTIKA V-1 BALIKPAPAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Euis Yuniastuti Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tridharma, Balikpapan
Keywords: Hasil belajar biologi, PAIKEM GEMBROT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan strategi belajar PAIKEM GEMBROT(Pembelajaran Aktif,Inovatif,Kreatif,Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot) pada pokok pembahasan kependudukan dan lingkungan hidup pada siswa kelas VIII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Penelitian dilakukan pada bulan Febuari-Maret 2020 di SMP Kartika V-1 Balikpapan dengan jumlah 32 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang masing–masing terdiri dari empat tahap,yaitu perencanaan, kegiatan dan pelaksanaan,observasi, refleksi, dan revisi pelaksanaan. Berdasarkan hasil penelitian di kelas VIII SMP Kartika V-1 Balikpapan kemampuan siswa dalam meningkatkan hasil belajar biologi.

Pada siklus I, nilai rata – rata hasil belajar siswa diketahui sebesar 66,34, sebenarnya sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yakni 65,00, dengan rata – rata persentase ketuntasan 56,25%, Cuma belum mencapai syarat Penelitian Tindakan kelas harus mencapai 85% baru dikatakan berhasil. Pada siklus II, terjadi kenaikan nilai rata – rata hasil belajar siswa menjadi   rata-rata nilai 75,38, sudah di atas KKM, dan  dari sudah mecapai 93,75 % keseluruhan siswa yang tuntas belajarnya..Maka tidak perlu lagi dilanjutkan ke siklus berikutnya lagi karena metode belajar PAIKEM GEMBROT dapat berhasil meningkatkan aktivitas guru dan siswa, dan juga hasil belajar biologi siswa

Published
2020-06-12
Section
Articles