MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN PERSAMAAN DIFERENSIAL (Studi Kasus pada mahasiswa semester III tahun akademik 2019/2020 Program Studi Teknik Sipil Universitas Tridharma)

  • Siti Norhidayah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Tridharma, Balikpapan

Abstract

Di latar belakangi oleh kenyataan bahwa banyaknya permasalahan di dunia teknik yang memerlukan kemampuan analisis matematikayang cukup tinggi. Untuk itu perlu metode-metode pendekatan pembelajaran matematika kepada mahasiswa teknik yang nantinya diharapkan bisa dipakai ketika mereka menemukan kesulitan di lapangan. Berangkat dari hal tersebut di atas maka diperlukan pembelajaran matematika khususnya pembelajaran persamaan diferensial yang mudah dipahami dan dikondisikan dengan lebih menyenangkan, tanpa keterpaksaan dan tentunya tanpa mengabaikan kebermaknaannya. Pemanfaatan lingkungan sebagai media nyata dalam proses pembelajaran matematika tentulah sangat menarik. Hal ini akan lebih efektif jika dimulai dengan membiasakan mahasiswa sebagai calon praktisi lapangan agar berpikir lebih kreatif untuk mengkondisikan lingkungan sekitar baik sebagai sarana, media, bahkan sebagai sumber masalah yang menarik untuk dipecahkan bersama.  Banyak obyek nyata di lingkungan sekitar yang bisa diamati secara langsung dan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep matematika. Dengan memanfaatkan lingkungan, mahasiswa akan terbiasa belajar untuk lebih aktif dalam mengembangkan keterampilan berinteraksi dengan lingkungan, mengeksplorasi kemampuan matematisnya, berdiskusi dan menentukan solusi dari permasalahan nyata yang ada di lingkungan sekitarnya.

Published
2020-06-12
Section
Articles